1.Tanyakan kepada tetangga terdekat anda yang memakai
layanan internet yang sama (FIRST MEDIA) apakah terjadi masalah yang sama di
rumah tersebut..
a.
Bila
terjadi hal yang sama berarti internet nya sedang mengalami gangguan jaringan (
tunggu proses perbaikan berlangsung )
b.
Bila tidak
terjadi hal yang sama berarti hanya jaringan di rumah Anda saja yg bermasalah,
coba cek dan telusuri kabel-kabel dan perhatikan apakah pemasangannya sudah
benar atau ada yg terlepas / bengkok/rusak.
2.Segera lapor / telepon customer service First Media ( 021-25596000 )
a.
Mintalah
customer service First Media ( 021-25596000 ) untuk merefresh dari system, lalu
restart modem dgn cara mencabut kabel power selama 10 detik dan menyalakannya
kembali.
b.
Mintalah
untuk dijadwalkan kunjungan teknisi ke rumah Anda.
Pengertian dari lampu LED yg terletak di bagian depan modem First Media
Lampu LED yg terletak di bagian
depan modem First Media sangat penting untuk memberi informasi apakah perangkat
tersebut bekerja dgn normal,
Lampu LED yg paling penting
adalah power serta link dan online, yg menunjukkan apakah unit modem / router
memiliki daya listrik dan bisa mentransmisikan sinyal WiFi. Jika Anda curiga
bahwa Anda mengalami kerusakan jaringan di sekitar area perumahan Anda, maka
Anda bisa menghubungi nomor telepon customer service First Media di nomor
021-25596000
Akan tetapi jika Anda menanyakan
kepada tetangga yg sama-sama menggunakan layanan jaringan internet FirstMedia,
ternyata di tempat lain tidak ada masalah, itu berarti hanya jaringan di rumah
Anda saja yg bermasalah.Lampu LED DS merupakan singkatan dari DownStream dan
merupakan fase pertama dari tahapan modem untuk memeriksa ketersediaan jaringan
untuk men-download konten dari internet sedangkan US adalah singkatan dari
UpStream yg memiliki arti modem sedang menguji kemampuan uploadjaringan.
Untuk terkoneksi, modem perlu
menemukan sinyal downstream dan mensinkronisasi waktu ke frekuensi yg tepat
untuk menemukan semua kanal jaringan internet. Lalu kemudian modem akan mencoba
untuk menemukan kanal upstream dan mengatur daya hingga melewati fase ini.
Modem kemudian mengunci fase secara tepat dari sinyal internet sehingga bisa
mentransmisikan pada waktu yg tepat atau selebihnya.
Lampu LED US dan DS berarti modem
sedang mencoba untuk melakukan fase kalibrasi dgn jaringan internet, sehingga
apabila fase kalibrasi ini terhendi dan lampu LED pada modem / router
FirstMedia terus berkedip dan berikutnya tidak menyala, berarti ada sesuatu yg
salah. Kemungkinannya antara sambungan kabelnya tidak terlalu bagus, atau malah
ada kabel yg terputus sehingga modem gagal berfungsi dgn baik.
Jadi saran saya, apabila lampu
LED di router / modem First Media Anda berkedip dan tidak berhasil melewati
fase DS / US, coba cek dan telusuri kabel-kabel dan perhatikan apakah
pemasangannya sudah benar atau ada yg terlepas / bengkok. Apabila masalah masih
berlanjut, silakan hubungi customer service First Media di nomor 021-25596000.
No comments:
Post a Comment